Kualitas Pelayanan Publik di Sumut Disorot Ombudsman: Banyak yang Harus Dibenahi

- Penulis

Rabu, 25 Juni 2025 - 11:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Spread the love

Kualitas Pelayanan Publik di Sumut Disorot Ombudsman: Banyak yang Harus Dibenahi

Medan  / antara news.id

Peringatan Hari Pelayanan Publik Internasional yang jatuh setiap 23 Juni seharusnya menjadi momentum untuk memperkuat komitmen terhadap tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Namun, di Sumatera Utara, momen ini justru diwarnai dengan sorotan tajam terhadap masih lemahnya kualitas layanan publik.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Herdensi, mengungkapkan bahwa sepanjang semester pertama tahun 2025, pihaknya mencatat peningkatan signifikan jumlah laporan masyarakat terkait dugaan maladministrasi. Data menunjukkan, dari Januari hingga Juni 2025 terdapat 179 laporan yang masuk, meningkat 25 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 143 laporan.

“Angka ini menunjukkan masih tingginya potensi penyimpangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik di berbagai sektor. Fakta ini tidak bisa diabaikan,” tegas Herdensi dalam keterangannya, Rabu (25/6/2025) siang.

Menurut Herdensi, laporan masyarakat mencakup hampir seluruh sektor layanan publik, mulai dari kesehatan, pendidikan, administrasi pertanahan, infrastruktur, perbankan, ketenagakerjaan, kepolisian, hingga persoalan agraria dan lingkungan hidup. Bahkan, sektor kepegawaian juga tidak luput dari sorotan masyarakat.

Baca Juga:  Wednesday Addams Musim Pertama | Teaser Resmi | Netflix

“Ini menandakan bahwa problem pelayanan publik kita bukan hanya terletak pada satu dua instansi, tapi menyebar di banyak lini. Peringatan Hari Pelayanan Publik Internasional ini seharusnya menjadi cermin bagi seluruh penyelenggara layanan untuk melakukan evaluasi menyeluruh,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelayanan publik bukan semata urusan administratif, tetapi menyangkut penghormatan terhadap hak-hak dasar warga negara. Oleh sebab itu, layanan yang baik harus dibangun atas dasar keterbukaan, akuntabilitas, dan kepastian hukum.

Sebagai lembaga pengawas eksternal, Ombudsman Sumatera Utara berkomitmen untuk terus memperkuat pengawasan dan mendorong reformasi dalam tubuh penyelenggara pelayanan. Herdensi menegaskan pentingnya pembenahan serius agar masyarakat tidak terus dirugikan akibat praktik maladministrasi.

“Pelayanan publik yang berkualitas adalah amanat konstitusi, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Ini bukan pilihan, melainkan kewajiban yang harus dipenuhi negara terhadap warganya,” tegasnya.

Peringatan Hari Pelayanan Publik Internasional, lanjutnya, hendaknya tidak berhenti pada seremoni atau slogan, melainkan menjadi pendorong lahirnya pelayanan publik yang benar-benar responsif, profesional, dan berpihak pada kepentingan masyarakat.

Foto: Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Herdensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow WhatsApp Channel antara-news.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Berita Terkait

Komunita # Uang Kita Kembali Sambangi Bea Cukai Kuala Namu
Fraksi PKS DPRD Medan Dukung Penuh Pengukuhan Kepala Kampung Adat BKMAD, Komitmen Lestarikan Budaya Melayu Deli
HUT Humas Polri, Khataman Hingga Jumat Berkah di 73 Titik
Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarhanud 15/DBY Hadiri Upacara 17an di Kecamatan Manamas
Kapolres Binjai mendengar kan keluhan masyarakat melalui Jumat curhat 
Merajut Asa Keluarga Lewat Seutas Benang
Ramadan: A Month of Spiritual Reflection, Devotion, and Charity
Wednesday Addams Musim Pertama | Teaser Resmi | Netflix
Berita ini 267 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 14 Agustus 2025 - 03:58 WIB

Komunita # Uang Kita Kembali Sambangi Bea Cukai Kuala Namu

Senin, 11 Agustus 2025 - 05:21 WIB

Fraksi PKS DPRD Medan Dukung Penuh Pengukuhan Kepala Kampung Adat BKMAD, Komitmen Lestarikan Budaya Melayu Deli

Rabu, 25 Juni 2025 - 11:37 WIB

Kualitas Pelayanan Publik di Sumut Disorot Ombudsman: Banyak yang Harus Dibenahi

Jumat, 25 Oktober 2024 - 12:52 WIB

HUT Humas Polri, Khataman Hingga Jumat Berkah di 73 Titik

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 05:39 WIB

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarhanud 15/DBY Hadiri Upacara 17an di Kecamatan Manamas

Berita Terbaru